Selasa, 05 Juli 2011

Bagian Rumah Adat Bali

Rumah Adat Bali pada umumnya didesign dengan memenuhinya dengan ukiran, hiasaan, pewarnaan dan peralatan. Nah, dalam unsur unsur design rumah adat bali ini memiliki sebuah makna dan sebagai alat komunikasi spiritual. Dalah hal ini di diungkapkan dengan adanya patung patung dalam rumah adat bali.

Berjalan-jalan di seputar Bali tak perlu heran jika di setiap persimpangan jalan, Anda melihat sesajen di atas wadah dari janur dan ada kembang rupa rupi dan dupa yang menyala di sekitar rumah adat bali. Pura (baca: pure) pun bertebaran di segala tempat. Rumah, pertokoan, perkantoran, punya pura. Di Bali memang 90 % lebih penduduknya menganut agama hindu. 

Kadang-kadang sebagai corak magis rumah adat bali lengkap dengan huruf simbol mantra-mantra. Misalnya rumah adat bali memiliki hiasan karang bona berbentuk kepala raksasa yang dilukiskan dari leher ke atas lobang pintu kori Agung atau pada Bade wadah. Hiasan karang sal berbentuk kepala kelelawar bertanduk dengan gigi runcing pada rumah adat bali ditempatkan di atas pintu kori atau pintu rumah tinggal dan beberapa tempat lainnya.

2 komentar:

  1. Bagus rumah adat balinya.. :)

    BalasHapus
  2. Gambling With Money: A Beginner's Guide to Gambling with Money
    From casino games to poker and 남양주 출장마사지 sports betting, you'll find the perfect place to start. 전주 출장샵 Whether you're playing for real money 동해 출장마사지 or 서산 출장샵 just for a 이천 출장마사지

    BalasHapus